Google Play Store Sering Hang? Ini Solusinya!

1064
Solusi Play Store Error
Solusi Play Store Error

4 Cara Mengatasi Play Store yang Sering Hang

Teknologi.info – Aplikasi Google Play Store adalah aplikasi wajib bagi smartphone bersistem operasi Android. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mengunduh aplikasi dan memperbaharui aplikasi yang sudah terinstall sebelumnya. Aplikasi ini juga menghindarkan Anda untuk mendownload aplikasi dari sumber yang tidak jelas karena semua aplikasi yang ada di Play Store sudah diperiksa sehingga aman.

Akan tetapi, terkadang aplikasi ini tidak berjalan dengan semestinya; entah berhenti, tidak dapat ditutup, tidak merespon atau yang sering disebut ‘hang’. Jika Anda atau kolega pernah menemui masalah ini, berikut kami berikan tips dan trik mengatasi Play Store ‘hang’.

Bersihkan Cache

Sebagai langkah awal, Anda bisa menghapus atau membersihkan cache yang ada di smartphone android. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan > aplikasi > tab semua (ALL) > kemudian cari Google Play Store > lalu hapus memori. Silakan coba kembali aplikasi Play Store Anda.

Aplikasi Terblokir?

Google Play Store yang ‘ngambek’ juga bisa karena ada aplikasi yang terblokir. Sehingga, Anda wajib memastikan aplikasi terkait tidak diblokir. Masuk kembali ke pengaturan > aplikasi lalu tab semua (ALL) lantas lihat aplikasi yang berstatus disable. Kembalikan ke enable.

Restart Smartphone Android

Cara lainnya adalah dengan melakukan restart smartphone android anda. Jadi ketika terjadi ‘hang’, restart smartphone Anda. Jika tombol on/off tidak merespon, melepas baterai juga bisa dijadikan solusi. Namun sebelumnya, coba tekan lebih lama tombol on/off handphone Anda.

Force Close Play Store

Ada satu langkah lagi jika aplikasi tidak merespon perintah yaitu, menutup dengan paksa (Force Close) aplikasi Google Play Store milik Anda. Masuk ke pengaturan > aplikasi, klik Tab Berjalan (RUNNING) kemudian cari Layanan atau Service Google Play Store. Setelah ketemu, klik Force Close atau Berhenti.

Semoga keempat cara di atas bisa mengembalikan fungsi Google Play Store di smartphone Android Anda.

Advertisements