Inilah 3 Cara Transfer Playlist iTunes ke Android

290
iTunes
Tampilan iTunes di MacBook

Teknologi.info – Pengguna iPhone pastinya mempunyai playlist atau kumpulan musik yang disukai di iTunes. Terkadang tidak mudah untuk memindahkan playlist tersebut ketika pindah dari awalnya menggunakan iPhone ke Android atau mempunyai smartphone Android baru. Nah, sekarang ada 3 cara yang memudahkan pengguna untuk memindahkan playlist di iTunes.

Transfer playlist iTunes secara manual

Dengan menggunakan kabel USB pada komputer dan smartphone bisa melakukan pemindahan playlist iTunes melalui aplikasi File Manager di Windows. Cara ini mudah karena tinggal drag dan drop playlist ke komputer.

Cara manual lain ada juga yaitu gunakan aplikasi Android File Transfer yang tersedia untuk sistem Windwos dan Mac. Ketika sudah terhubung dan aplikasi sudah jalan, pengguna tinggal melakukan drag dan drop playlist dari iTunes.

Transfer playlist iTunes melalui iSyncr

Salah satu aplikasi yang bisa dicoba untuk memudahkan pengguna memindahkan playlist iTunes ke Android yaitu iSyncr for Android. Aplikasi ini paling mudah dan efisien. Pertama pengguna harus download dan pasang iSyncr for Android di smartphone. Pasang juga iSyncr versi desktop untuk komputer/laptop.

Selanjutnya sambungkan smartphone dengan komputer/laptop dengan koneksi pilihan USB atau WiFi. Jika gunakan WiFi, pastikan smartphone dan komputer ada dalam satu jaringan. Terus akan muncul windows untuk penyelarasan antara dua perangkat. Beri tanda centang di kotak di sebelah iTunes dan klik Synchronise. Dan akhirnya iSyncr memindahkan playlist musik yang dipilih pengguna.

Transfer playlist iTunes melalui Google Play Music

Pengguna bisa memakai layanan Google Play Music yang menyediakan penyimpanan cloud yang mampu menampung hingga 50.000 lagu dan bisa diakses dari desktop atau smartphone. Keunggulannya, layanan ini kompatibel dengan iTunes. Kekurangannya adalah belum tersedia untuk di Indonesia.

Cara menghubungkan layanan Google Play Music dengan iTunes membutuhkan aplikasi pendukung yaitu Google Music Manager atau Google Play Music for Chrome yang dipasang di desktop komputer dan Google Play Music dipasang di smartphone.

Terus tinggal jalankan Google Play Music dan login pakai akun yang dimiliki. Selanjutnya pilih lokasi dimana playlist music yang akan di-upload pada iTunes. Lalu biarkan Google Music Manager yang meng-upload playlist pilihan pengguna tersebut.

Advertisements