Jaringan 4G LTE disediakan Smartfren di 85 Kota

485
Jaringan 4G LTE disediakan Smartfren di 85 Kota
Smartfren

Teknologi.info – Keseriusan Smartfren dalam memperluas jaringan 4G LTE miliknya menoreh kesuksesan. Tercatat sampai kuartal keempat 2015, jaringan 4G LTE Smartfren sudah tersedia di 85 kota di Indonesia. Boleh dibilang, saat ini Smartfren adalah provider layanan 4G LTE terluas. Hal ini merupakan bentuk komitmen dari Smartfren agar bisa melakukan penetrasi di masyarakat dengan cepat lewat layanan 4G LTE.

“Ketika launching jaringan Smartfren 4G LTE Agustus 2015 lalu secara komersil, jaringan milik mereka hanya mengcover 22 kota di Indonesia. Hingga mendekati akhir bulan Desember 2015, 63 kota lain berhasil dicover,” ucap Munir selaku VP Special Project Network Smartfren.

Pihak Smartfren menjelaskan bahwa teknologi 4G LTE mereka merupakan perpaduan antara teknologi Frequency Division Duplex (FDD) pada frekuensi 850MHz dengan teknologi Time Division Duplex (TDD) pada frekuensi 2300MHz. Dengan adanya perpaduan dua teknologi ini, akses terhadap internet dan kemampuan kapasitas download menjadi lebih cepat.

Smartfren tidak sendirian dalam mengembangkan 4G LTE ini. Mereka bekerja sama dengan Nokia dan ZTE sebagai rekan infrastruktur. Nokia khusus menangani pembangunan jaringan di wilayah Indonesia Barat (Sumatera, Jawa Barat dan Jabodetabek). Sedangkan ZTE khusus mengembangkan jaringan 4G LTE Smartfren di wilayah Indonesia Timur (Sulawesi, Kalimantan, Bali, Jawa Timur dan Jawa Tengah).

Advertisements