28.6 C
Banjarmasin
Kamis, April 25, 2024

Kiddle, Mesin Pencari untuk Anak-Anak di Internet

Teknologi.info – Internet di zaman sekarang sangat mudah diakses dimana-pun anda berada dan oleh siapa saja termasuk anak-anak. Dengan internet anak-anak dengan mudah mendapatkan website, foto, dan video yang tidak patut dikonsumsi karena penuh kekejaman, kebencian dan kekerasan.

Menanggulangi permasalahan itu, dibuatlah website yang dinamakan Kiddle sebagai mesin pencari untuk diakses anak-anak. Kiddle mendapatkan hasil pencarian yang aman untuk anak-anak menggunakan Google safe search dan Google cookies. Selain itu, tim editor dari Kiddle sendiri juga melakukan pemeriksaan dan pemilihan terhadap website, video dan gambar yang tidak baiku untuk anak-anak.

Kiddle menyediakan pencarian untuk website, gambar, berita dan video. Hanya tinggal memilih saat anak-anak mengakses website Kiddle. Untuk keamanan data pengguna mereka selama mengunjungi website, Kiddle akan menghapusnya setiap 24 jam.

Kiddle, Mesin Pencari, Anak-Anak
Hasil Pencarian pada Kiddle

Ketika anak-anak melakukan pencarian, Kiddle akan menampilkan hasil dengan menempatkan website yang aman dan dibuat secara khusus untuk anak-anak, website ini juga dipilih dan diperiksa tim editor pada urutan 1-3.

Selanjutnya pada urutan 4-7 di pencarian, website yang ditampilkan tidak secara khusus untuk anak-anak tapi masih bisa dipahami anak-anak karena dibuat dengan sederhana, dan ini pun masih ada bantuan dari tim editor.

Terakhir di urutan 8 dan seterusnya di pencarian, website yang ditampilkan adalah yang terkenal untuk orang dewasa terkadang untuk anak-anak sulit memahami tapi dipastikan aman karena disaring dari Google safe search.

Semua hasil pencarian ditampilkan dengan ukuran besar seperti huruf dan thumbnail untuk memudahkan anak-anak membaca dan memahami lebih baik.

Apabila anak-anak melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci yang tidak baik maka akan tidak dimunculkan dan diberi pesan peringatan.

Kiddle, Mesin Pencari, Anak
Hasil Pencarian yang tidak cocok untuk anak di Kiddle

Jika anda peduli dengan keselamatan anak-anak dalam berselancar di internet. Anda bisa mendukung Kiddle dengan melaporkan website-website dan kata-kata yang perlu di-block oleh mereka. Untuk melaporkan hal tersebut, Kiddle menyediakan halaman di website mereka untuk melaporkan website dan kata-kata yang tidak pantas untuk anak-anak.

Mohammad Iqbal Al Ghifari
Mohammad Iqbal Al Ghifari
Suka tentang dunia Teknologi, terutama Startup bidang IT. Konten saya yang tulis seputar startup, aplikasi (baik mobile maupun desktop), hingga review.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?