Hanya Apple yang Jujur tentang Ketahanan Baterai Laptop; Yang Lain Bohong?

60
uji coba daya tahan baterai laptop
Anda hanya akan mendapatkan setengahnya saja dari kemampuan daya yang diklaim vendor pembuat laptop

Teknologi.info – Pengujian terbaru dari majalah Which? menyimpulkan bahwa “masa pakai daya baterai yang diklaim oleh produsen laptop sangat jarang teruji kebenarannya ketika diuji”. Majalah yang cukup populer di Inggris ini menguji 67 laptop terbaru dari berbagai merek selama tahun lalu dan hasilnya ternyata cukup mengejutkan banyak pihak. Which menunjukkan bahwa hampir semua pembuat laptop “melebih-lebihkan” masa pakai daya baterai yang tersedia untuk pengguna. Terkadang, perbedaan klaim tidak berada di kisaran menit, tetapi terpaut beberapa jam! 🙄 Bahkan jika ditotal, hanya setengah dari klaim ketahanan baterai yang mampu digapai ketika laptop diuji 😯

Seperti apa tes yang digunakan oleh Which? Tes yang digunakan adalah tes standar berupa aktivitas browsing web melalui Wi-Fi dengan baterai yang telah diisi penuh setidaknya 3 kali hingga baterai benar-benar habis. Hanya saja, tidak dijelaskan secara detil pengaturannya seperti tingkat kecerahan atau aplikasi apa yang digunakan untuk browsing. Padahal, hal-hal seperti ini bisa memiliki pengaruh yang besar dalam pengujian baterai.

Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, hanya baterai laptop dari Apple saja yang bahkan mampu melebihi dari klaim. Klaimnya bertahan 10 jam untuk browsing, nyatanya mampu hingga 10 jam 15 menit, makanya grafiknya berwarna hijau. Untuk laptop bersistem operasi Windows, yang terbaik adalah Laptop dari Asus yang mampu bertahan 6 jam 53 menit meskipun klaim Asus adalah mampu bertahan 10 jam 12 menit.

Angka jam pada gambar didapat dari rata-rata seluruh laptop yang diuji. Total ada 67 laptop dari berbagai vendor dengan pembagian:

  • Acer 8 laptop
  • Apple 3 laptop
  • Asus 8 laptop
  • Dell 10 laptop
  • HP 12 laptop
  • Lenovo 20 laptop
  • Toshiba 6 laptop

Setelah selesai melakukan ujicoba tersebut, kabar informasi ini sudah didengar oleh beberapa produsen laptop yang diuji. Contohnya seperti Dell, pihaknya mengatakan bahwa “setiap individu menggunakan laptop dengan cara yang berbeda” atau HP yang menyebut “hasil test dari mereka sudah akurat karena menggunakan real life scripts yang berjalan pada aplikasi yang sering digunakan seperti Microsoft Office”.

Jika saat ini Anda sedang mencari laptop, tentu sangat bijaksana jika mencari review terlebih dahulu. Ada banyak video review yang tersedia di internet selebihnya tinggal menyesuaikan keperluan dan dana yang dimiliki.