28.6 C
Banjarmasin
Jumat, April 26, 2024

#JualOnlineAja Program Pengembangan UMKM dari MatahariMall.com

LATAR BELAKANG

Indonesia memiliki kekayaan UMKM sebanyak lebih dari 57.9 Juta pelaku bisnis lokal yang secara langsung menjadi potensi UMKM terbesar di Asia saat ini. Namun memasuki era MEA sekarang ini, masih banyak UMKM di Indonesia yang dirasa masih kalah bersaing dikarenakan masih banyaknya UMKM yang belum terbuka dengan perkembangan bisnis saat ini dan juga teknologi penunjang yang ada.

Untuk menghindari banyaknya UMKM yang jatuh dan tertinggal, MatahariMall.com berinisiasi untuk memfasilitasi para entrepreneur lokal Indonesia melalui program edukasi dan inkubasi UMKM yang dinamakan “JUAL ONLINE AJA (JOA)”.

DETAIL PROGRAM

Program pengembangan UMKM JOA ini dibagi menjadi 3 fungsi utama yaitu:

  1. Program Edukasi – MatahariMall melakukan agenda roadshow seminar edukasi ke kota-kota potensial untuk berbagi ilmu dan mengajak para pelaku UMKM untuk berjualan online dan bergabung di MatahariMall.com
  2. Program Inkubasi – Para pelaku usaha yang telah bergabung bersama Mataharimall.com akan diberikan sesi konsultasi, mentoring secara berkala dan juga wadaah untuk salaing berbagi ilmu dan pengalaman jualan
  3. Program Promosi – com juga memfasilitasi produk-produk para TeMMan UMKM dengan saluran promosi di landing page khusus MatahariMall.com, media sosial dan saluran promosi lainnya, dengan tujuan agar dapat membantu jualan Para TeMMan UMKM.

PORTOFOLIO JOA 2015

Di akhir tahun 2015, MatahariMall.com pertama kali menjalankan program JOA dengan melalui agenda roadshow edukasi di kota Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Bali. dengan bekerjasama dengan beberapa komunitas UMKM seperti komunitas TDA (Tangan Di Atas), HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu).

PRODUK PILIHAN JOA

Sampai saat ini, JOA sudah mengumpulkan ribuan produk dari mulai kategori:

  1. Fasion & Aksesoris
  2. Kesehatan & Kecantikan
  3. Makanan & Minuman
  4. Produk Menarik Lainnya (Perlengkapan Rumah Tangga, Furnitur, Buku, Mainan, dll.)

TEMMAN SUPER

Di setiap kotanya, JOA memilih 2 entrepreneur terbaik yang memiliki produk yang unik dan minat yang tinggi untuk berjualan online untuk dapat dibantu bisnis selanjutnya. TeMMan Super sendiri diberikan banyak benefit mulai dari mentoring secara regular, promosi produk secara berkala dan juga beberapa hadiah pendukung untuk bisnisnya mereka. Tujuannya sendiri adalah agar para TeMMan Super ini dapat lebih mengembangkan bisnisnya dan dapat menjadi representatif penjual MatahariMall dari kotanya masing-masing.

PENCAPAIAN

Di akhir tahun kemarin, dalam 1 bulannya program JOA sudah dapat menggandeng 120 UMKM lokal dengan lebih dari 1.600 produk yang delisting. Tak hanya itu, sudah lebih dari 1.000 transaksidari produk UMKM yang terjadi melalui promosi MatahariMall.com dengan pengiriman produk sampai menjangkau Indonesia Timur seperti Kalimantan dan bahkan Papua.

JOA 2016

Melihat cerita sukses di tahun lalu, MatahariMall berencana untuk melanjutkan program JOA dengan eksposur yang lebih besar dari tahun sebelumnya dengan mengeksplor UMKM di 16 kota berbeda dan menggandeng lebih banyak peserta, komunitas serta mitra dari industri-industri berbeda (Bank, Telekomunikasi, Teknologi, Logistik, dll).

jual online aja Di mulai dari bulan Maret tahun ini sampai saat ini, program JOA sudah dikenalkan ke para TeMMan UMKM Tangerang, Medan, Samarinda dan Makassar. Antusiasme yang tinggi datan dari para TeMMan UMKM yang banyak tergabung di komunitas seperti TDA (Tangan Di Atas), FKP (Forum Kewirausahaan Pemuda), HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia), Makassar Preneur. Acara yang diisi lebih dari 100 peserta UMKM mendapatkan materi seputar pemasaran online, workshop foto produk, cara mengatur pemesanan online dan juga bagaimana mengatur sistem order yang dimiliki MatahariMall.com. Acara ini didukung juga oleh Intel, Google for Work dan juga Telkomsel.

Diharapkan dengan adanya program JOA ini, para pelaku UMKM di Indonesia dapat mengembangkan ilmu dan bisnisnya serta dapat meningkatkan kualitas daya saing nya di pasar lokal dan internasional.

Untuk gambaran lebih detail mengenai program JOA, silahkan kunjungi laman produk pilihan UMKM #JualOnlineAja di sini: https://super.mataharimall.com/jual-online-aja/
Dan untuk informasi lainnya silahkan hubungi kami di: [email protected]

Mari bersama-sama membangun Indonesia yang lebih baik melalui produk UKM dalam negeri.
#MMJOA #IndonesiaBangga
SME Development Division
Communication & Partnership Department – MatahariMall.com

Leny
Leny
Seorang isteri dan ibu yang bahagia serta senang berbagi dalam bentuk tulisan-tulisan sederhana.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?