Netflix DiBlokir Telkom Group; Ini Alasannya

350
Netflix diblokir Telkom
Netflix diblokir Telkom

Teknologi.info – Anda berlangganan internet melalui layanan yang disediakan Telkom Group (WiFi.ID, broadband Indihome, serta akses via seluler milik Telkomsel)? Sudah bisa dipastikan Anda tidak bisa lagi menikmati layanan dari Netflix. Mengapa Netflix diblokir oleh Telkom Group? Pihak Telkom berujar bahwa hiburan yang tersaji melalui layanan Netflix belum sesuai aturan yang ada di Indonesia juga masih banyak konten yang memiliki unsur p0rn0grafi.

Seperti yang diterbitkan Liputan6, Telkom menyatakan untuk memblokir Netflix per 27 Januari 2016 tepat jam 00.00 Waktu Indonesia Barat. Lebih jauh, jika kemudian nanti akan ada kerjasama dari Netflix dengan Telkom, maka bisa dipastikan konten yang bermasalah dengan regulasi dapat terfilter untuk pelanggan WiFi.ID, broadband Indihome, dan data seluler milik Telkomsel.

Jika ingin tetap beroperasi di Indonesia, Netflix wajib memiliki badan hukum dan/atau memiliki kerjasama dengan penyedia ISP atau operator telekomunikasi Indonesia. Pilihan lain yang bisa ditempuh adalah Netflix wajib mengurus izin untuk menyelenggarakan tayangan siar/konten.

Atas pemblokiran ini, Menkominfo Rudiantara memanggil Telkom Group untuk memberikan alasan lebih detail terkait keputusan blokir atas Netflix tersebut. Kominfo ingin mendengar secara langsung alasan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini. Pihak Kominfo dikabarkan akan memberikan keringangan untuk Netflix afar bisa melengkapi persyaratan yang ditetapkan pemerintah Indonesia dalam bentuk regulasi sebelum 7 Februari nanti.