28.6 C
Banjarmasin
Selasa, Januari 31, 2023

CSR Lintasarta Salurkan Bantuan Jaringan Komunikasi dan Dana Kemanusiaan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

Penyerahan CSR Lintasarta diwakili oleh Choirul Friyuana, Central Indonesia Region General Manager Lintasarta, kepada Ika Mardiah, Kepala Dinas Komunikasi & Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat.

Teknologi.info – Gempa bumi berkekuatan 5,8 magnitudo yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu mengakibatkan korban jiwa lebih dari 300 orang disertai banyaknya bangunan runtuh, termasuk sarana dan prasarana umum. Lintasarta, sebagai salah satu perusahaan Total ICT Solutions terbesar di Indonesia, sigap melaksanakan serangkaian kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan/CSR di Pilar Sehat Sejahtera melalui penyaluran bantuan mulai dari jaringan internet untuk mempermudah akses komunikasi di wilayah terdampak gempa, donasi, tenda serbaguna, dan kebutuhan mendesak lainnya.

“Bantuan VSAT dan fiber optic ini diharapkan dapat mempercepat akses komunikasi dan respon bantuan di lapangan. Selain itu, bantuan kemanusiaan berupa donasi dan tenda serbaguna juga diharapkan dapat meringankan warga yang terdampak gempa,” ungkap Choirul Friyuana, Central Indonesia Region General Manager Lintasarta.

Tidak lama setelah gempa terjadi, tim Lintasarta bergerak cepat bersama tim Jabar Quick Response melakukan mapping lokasi blank signal untuk Posko Komunikasi Gempa di Cianjur. Saat ini, sedang dilakukan instalasi jaringan komunikasi di sepuluh (10) titik lokasi, yang terdiri dari VSAT di empat (4) lokasi dan jaringan fiber optic (FO) di enam (6) lokasi. Hal ini menjadi bagian dari dukungan Lintasarta kepada Provinsi Jawa Barat dalam memastikan kelancaran internet dan jaringan komunikasi di lokasi terdampak.

Lintasarta juga menyalurkan bantuan donasi melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang dipergunakan untuk kebutuhan dapur umum, layanan kesehatan, dan sembako. Sebagai tambahan, ZIS ROHIS Lintasarta melakukan gerakan ”Gotong Royong Membangun Cianjur” melalui penggalangan dana di internal pegawai Lintasarta untuk memenuhi kebutuhan mendesak di lokasi bencana seperti kain terpal, selimut, snack, vitamin, hygiene kit dan paket sembako untuk orang dewasa dan anak-anak

Sementara itu, Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, Ika Mardiah, mengatakan, bantuan berupa akses jaringan komunikasi dan dana kemanusiaan dari Lintasarta akan sangat bermanfaat untuk masyarakat Cianjur dan akan meringankan beban warga yang saat ini sedang mengungsi.

“Kami berharap penyaluran melalui Diskominfo Provinsi Jawa Barat ini dapat bermanfaat bagi semua pihak, khususnya masyarakat terdampak, dan dapat disalurkan dengan lebih tepat sasaran,” tutup Choirul.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Terkait
Follow Us
2,689FansSuka
7,563PengikutMengikuti
4,500SubscribersSubscriber
Terbaru!