Beranda » Computer » Review Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB

Review Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB

Teknologi.info – SSD (Solid State Drive) saat ini sudah menjadi perangkat penyimpanan favorit, bahkan sudah menjadi satu elemen yang wajib ada di dalam bundel penjualan perangkat PC, baik itu di desktop maupun laptop. Karena SSD mampu memberikan performa yang lebih cepat dan aman dibanding menggunakan HDD (Hard Disk Drive).

Baik itu perangkat laptop dan desktop, atau bahkan perangkat game console next generation seperti PS5, XBOX Series X Anda akan menemukan parts SSD M.2 di dalamnya. Saat ini SSD memang sudah menjadi perangkat penyimpanan standar.

SSD NVMe dengan bentuk M.2 yang kecil ini sudah dapat menghadirkan kapasitas data dari hard drive standar. Kecepatannya bahkan lebih cepat daripada SSD SATA, semuanya tertuang dalam ukuran menyerupai RAM yang sudah kita kenal sebelumnya.

Pertimbangan meminang SSD NVMe M.2 dengan daya waktu baca dan menulis pada hard drive yang jauh melampaui SSD SATA maupun Hard Disk konvensional, menjadi sesuatu yang didambakan banyak pengguna dan pecinta teknologi terupdate.

Peranan SSD pada sebuah sistem PC bisa dikatakan penting. Perangkat yang satu ini bisa memberikan performa signifikan pada sebuah sistem PC. Untuk itu, pastikan bahwa SSD yang akan Anda pilih sudah sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, Anda akan merakit sebuah sistem PC gaming, tentunya SSD yang paling tepat dipilih adalah SSD M.2 NVMe.

Seiring meningkatnya kebutuhan akan SSD M.2 NVMe, para vendor SSD mulai menawarkan beragam varian SSD ini yang ditujukan untuk beberapa kalangan, mulai dari low-end hingga high-end. Misalnya saja Verbatim Vi3000 M.2 SSD (256GB) akan layak untuk Anda pinang sebagai SSD PC atau SSD laptop terbaik. Dari sisi harga lebih murah ketimbang produk lain sejenis yang sesuai dengan kelasnya.

Verbatim

Siapa yang tak kenal vendor Verbatim? Merk terkenal untuk semua jenis penyimpanan data dan sudah ada lebih dari 50 tahun setia melayani user-usernya. Produk-produk Verbatim yang sudah dikenal sebelumnya antara lain floppy disk, Compact Disc (CD), hingga Digital Versatile Disc (DVD).

Reputasi Verbatim yang demikian populernya dan sangat terkenal sejak awal adanya komputer, tak membuat Verbatim merasa puas, hingga sekarang Verbatim tetap menjadi merek yang patut dimiliki oleh para pecinta teknologi.

Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB

Informasi NVMe yang terdapat pada Verbatim Vi3000 M.2 itu yang dimaksud bukanlah tipe koneksi, melainkan sebuah protokol yang menggunakan koneksi PCIe. Jadi kalau M.2 SATA SSD menggunakan jalur SATA ketika beroperasi, maka SSD M.2 NVMe menggunakan jalur PCIe.

Saat ini, kecepatan maksimum SSD NVMe PCIe 3.0 (Gen 3) mencapai 3.500 MB/s. Sementara itu, SSD NVMe PCIe 4.0 (Gen 4) dapat mencapai hingga 7.500 MB/s.

Kembali kepada Verbatim dengan seri Vi3000 M.2 SSD, secara dimensional mempunyai panjang 80 mm, lebar 22 mm, dan tebalnya 2,15 mm. Untuk beratnya hanya 8 gram saja.

Para pecinta teknologi sering menyebut M.2 SSD ini form factor-nya adalah 2280, mewakili dimensinya saja sebenarnya yang memiliki lebar 22mm dan panjang 80mm, disingkat 2280.

Ukuran dan bentuk kunci pada setiap konektor M.2 berbeda-beda. Jika perangkat Anda memiliki slot M.2, sebelum membeli SSD periksa terlebih dahulu apakah mendukung NVMe, SATA, atau keduanya.

Pada produk penjualannya, Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB dibungkus dengan kotak dos yang minimalis. Heatsink untuk SSD dijual secara terpisah.

Kalau Anda berencana menggunakan Verbatim Vi3000 M.2 SSD sebagai teman bermain game atau teman produksi video, edit video, rendering video, maka penggunaan heatsink sangat diperlukan. Produk Verbatim ini akan menjadi SSD PC terbaik Anda.

Teknologi Terkini Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD

Teknologi 3D NAND sudah terintegrasi pada Verbatim Vi3000 dengan kombinasi pengontrol generasi terbaru. SSD Verbatim Vi3000 M.2 NVMe kecepatan membacanya itu up to 3.000 MB/s dan untuk kecepatan menulisnya bisa up to 2.900 MB/s.

Kalau dibandingkan dengan HDD biasa, kecepatan Read/Write SSD ini lebih dari 50 kali lipat loh bestie.

Teknologi yang didalamnya terdapat sebuah fitur dengan operasi senyap dan tahan guncangan, konsumsi daya yang rendah, masa pakai yang lama ada pada Verbatim Vi3000. Jadi Verbatim Vi3000 adalah rancangan khusus dengan nama fiturnya run-of-the-mill.

Ketersediaan kapasitas yang ada pada SSD Verbatim seri Vi3000 ini mulai dari 256 GB, 512 GB, 1 TB, dan 2 TB. Oh ya, Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD ini menggunakan konektor M-Key ya, biar Anda tidak salah pilih ketika membeli produknya.

Teknologi 3D NAND Flash SSD

Fungsi cache pada Vi3000 ditanamkan pada flash 3D NAND, tepatnya berupa flash memory. Teknologi 3D NAND lebih baik daripada teknologi DRAM Cache. Mengapa demikian? Dikutip dari Quora Penggunaan 3D NAND biasanya digunakan kelas atas SSD. DRAM memang cepat namun dibuat untuk kelas bawah dan tidak berkelas seperti 3D NAND.

Apa itu teknologi 3D NAND? Jadi secara singkatnya, 3D NAND adalah teknologi terbaru di dunia flash memory. Mudahnya begini, 3D NAND ini ada perubahan susunan sel secara vertikal dan karenanya membuat kapasitas SSD jauh lebih baik, biaya produksi lebih rendah, kebutuhan daya hanya separuhnya, kecepatan meningkat dua kali, dan umurnya bisa 10x dari 2D NAND.

Tidak akan habis kalau membahas perbedaan ini, yang jelas dan pastinya sih teknologi 3D NAND yang ada pada SSD Verbatim seri Vi3000 menjadi lebih berkelas dan yang terpenting tetap mendapatkan kecepatan yang diinginkan. Menariknya lagi, dengan menggunakan teknologi 3D NAND ini, data yang tersimpan pada SSD akan tetap aman loh.

Pasar Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD

Siapa saja yang seharusnya menggunakan SSD Verbatim ini? Penggunanya tentu saja ditujukan pada semua orang yang menginginkan dan meningkatkan teknikal dari hard drive tanpa mengeluarkan biaya yang tinggi.

Kalau Anda termasuk dalam kategori di atas, silakan mencoba keandalan teknologi Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD ini, ketika Anda merencanakan upgrade untuk SSD laptop atau upgrade SSD PC, Verbatim adalah pilihan yang pas.

Cara Instal Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD

Instalasi SSD M.2 NVMe sangatlah mudah, semudah memasang RAM pada sebuah perangkat PC. Anda cukup memasukkan ke slot M.2, lalu kunci agar tak terlepas. Karena sifatnya plug n play, sistem BIOS Anda akan langsung mengenalinya tanpa pengenalan khusus dari driver.

Tes Review Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB

Penggunaan software khusus seperti CrystalDiskMark, H2W Test, dan ATTO Disk Benchmark sangat penting dalam pengujian yang dilakukan. Perangkat PC yang digunakan dalam pengetesan ini menggunakan Intel i7 NUC Windows 10.

data properties ssd vervatim 256GB

Berikut hasil testing review Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB menggunakan ATTO Benchmark:

Hasil Test Verbatim Vi3000 M2 NVMe SSD 256GB via ATTO Benchmark

Hasil testing review Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB menggunakan CrystalDiskMark:

Hasil testing review Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB menggunakan CrystalDiskMark

Hasil testing review Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB menggunakan H2testw:

Hasil testing review Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB menggunakan HD Tune Pro:



Hasil testing review Verbatim Vi3000 M.2 NVMe SSD 256GB menggunakan AS SSD Benchmark:


Secara real time yang lebih spesifik lagi agar Anda mengerti, kurang dari 15 detik boot awal menggunakan OS Windows akan Anda rasakan dengan menggunakan SSD Verbatim Vi3000 M.2 NVMe.

Bila menggunakan hard drive cakram, real time boot awal menggunakan OS Windows akan lebih dari 25 detik. Namun hal ini tetap tergantung dari spesifikasi secara keseluruhan dari perangkat keras yang Anda miliki.

Dari semua uji coba yang sudah pernah diulas oleh media-media maupun website-website khusus pecinta teknologi, menggunakan spesifikasi perangkat keras apapun akan menunjuk SSD sebagai pemenangnya ketimbang menggunakan hard drive versi cakram.

Tes lainnya yang dilakukan adalah mencoba bermain PUBG. Saat load awal hanya membutuhkan waktu 7 detik saja pada Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB, sedangkan pada Hard Drive Cakram 1TB dibutuhkan waktu lebih dari 30 detik. Signifikan bukan?

Kesimpulan

Meminang Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB sangat cocok untuk memberikan kinerja yang layak dan nyata. Dapat Anda gunakan untuk perangkat keras dalam bermain game atau bisa juga Anda gunakan sebagai pekerjaan kantor sehari-hari.

Verbatim Vi3000 M.2 SSD 256GB terbukti mengungguli HDD konvensional di semua faktor. Vi3000 juga secara budget lebih murah sehingga bisa Anda anggarkan untuk kepentingan kebutuhan pekerjaan Anda.

Photo of author
Penulis
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.