Bagaimana Cara Mendapatkan dan Install Windows 11 Pre-Release?

432
cara mendapatkan windows 11 Indonesia

Teknologi.info – Akhirnya, 28 Juni 2021 kemarin, Microsoft merilis versi pertama Windows 11 khusus untuk member yang terdaftar di program yang bernama Windows Insider. Tulisan kali ini akan membahas bagaimana cara bergabung dan cara instal Windows 11 Insider Preview serta melakukan cek kompatibilias (compatibility check) terhadap sistem (system requirements) agar bisa menikmati beragam fitur Windows 11 terbaru di komputer Anda.

Sekedar mengingatkan, bahwa Windows 11 dalam keadaan awal ini mungkin tidak selengkap nanti saat final release. Kemungkinan juga memiliki bug dan kekurangan, dan bisa saja merusak data Anda. Jadi, hanya instal Windows 11 Pre-Release ini pada komputer yang Anda memang memiliki tanggung jawab penuh dan sudah memiliki backup jika suatu waktu terjadi hal yang tidak diinginkan.

Ini bukan Windows 11 yang dimaksudkan untuk penggunaan sehari-hari; versi ini dimaksudkan untuk membantu Microsoft mengidentifikasi bug dan memperbaikinya sebelum rilis penuh di akhir tahun 2021.

Pertama, Periksa apakah PC Anda Dapat Menjalankan Windows 11

Sebelum kita mulai menginstal Windows 11, pertama-tama Anda harus melihat apakah PC Anda memenuhi persyaratan sistem.

Cara tercepat untuk melakukannya adalah dengan mengunduh aplikasi PC Health Check gratis dari Microsoft dan menjalankannya di komputer Anda. Anda akan mendapatkan pesan yang mengatakan bahwa Anda bisa lanjut install Windows 11 atau mengatakan bahwa PC Anda tidak dapat menjalankan Windows 11, bersama dengan beberapa detail tentang mengapa PC Anda tidak memenuhi persyaratan.

Pesan “PC Ini Dapat Menjalankan Windows 11” di aplikasi PC Health Check

Perlu dicatat, Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka “menurunkan” beberapa persyaratan sistem agar sesuai dengan persyaratan minimum untuk bergabung dengan program Windows Insider selama periode pratinjau Windows 11.

Jika Anda tidak ingin memasang aplikasi PC Health Check, Anda juga dapat meninjau persyaratan sistem untuk Windows 11 dan membandingkannya dengan spesifikasi komputer Anda secara manual.

Selanjutnya, Daftar Program Windows Insider

Untuk mengintip Windows 11, Anda harus bergabung dengan Program Windows Insider; semacam mendaftar untuk menjadi penguji beta untuk rilis Windows 11 awal. Ini sepenuhnya GRATIS. Ya iya lah gratis, justru Microsoft akan terbantu dengan ikutnya Anda untuk menguji perangkat lunak mereka.

Untuk bergabung, Anda harus mengunjungi situs web Windows Insider dan klik “Register” Kemudian masuk dengan Akun Microsoft Anda (jika tidak memiliki akun Microsoft, Anda harus membuatnya terlebih dahulu).

daftar windows insider dengan mengklik tombol “Register”

Setelah mengklik beberapa perjanjian, Anda akan terdaftar. Selamat!

Sekarang Anda adalah Windows Insider, masuk ke PC Windows 10 Anda yang ingin Anda perbarui ke Windows 11 Pre-Release. Buka Settings dan klik “Update & Security“, lalu pilih “Windows Insider Program” di sisi kiri/sidebar.

Pilih "Program Windows Insider" di Sidebar
Pilih “Windows Insider Program” di Sidebar

Pada titik ini, jika Anda menonaktifkan Optional Diagnostic Data pada instalasi Windows 10 Anda, Pengaturan akan memberi tahu Anda bahwa Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum menginstal pembaruan dari Windows Insider. Mudah koq cara mengaktifkannya, cukup ikuti tautan yang disediakan di halaman Settings, aktifkan Optional Diagnostic Data, lalu kembali ke Settings > Update & Security > Windows Insider Program. Sesampai di sana, klik “Get Started“.

klik "Get Started"
klik “Get Started” untuk memulai

Setelah menautkan akun Windows Insider Anda, Anda akan diminta untuk “Pick Your Insider Settings.” Pilih “Dev Channel” untuk mendapatkan Pratinjau Windows 11, lalu klik “Confirm“.

Pilih Dev Channel lalu klik Confrim
Pilih Dev Channel lalu klik Confrim

Pada layar perjanjian berikutnya, klik “Confirm” Setelah itu, klik “Restart Now“. Ketika restart selesai, PC Anda akan sepenuhnya terhubung dan terdaftar ke dalam Program Windows Insider.

Download Pratinjau Windows 11 di Settings

Sekarang PC Anda telah terdaftar di Program Windows Insider, buka Settings dan arahkan ke Settings > Update & Security > Windows Insider Program lagi. Klik “Check for Updates” dan setelah beberapa saat, Pratinjau Windows 11 akan mulai mengunduh.

Proses Download Windows 11 Pre-Release di Windows Update
Proses Download Windows 11 Pre-Release di Windows Update

Setelah proses download dan instalasi yang lama di dalam Windows Update, Anda harus me-restart PC Anda. Windows Update kemudian akan mengambil alih pembaruan PC Anda saat Anda melihat layar biru yang menunjukkan kemajuan dan mengatakan “Your computer may restart a few times“.

Install Windows 11 Preview
Saat menginstal PC Anda akan restart beberapa kali dan Anda akan melihat layar progres berwarna biru

Jika nanti reboot menampilkan layar login dengan jam di lokasi baru, berarti PC Anda sekarang sudah berhasil memasang Windows 11 PreRelease. Loginlah dengan Akun Anda sebelumnya dan Anda akan melihat Windows 11 dengan segala fitur menariknya.

Selamat mengeksplorasi hal baru di Windows 11 dan jangan lupa berbagi pengalaman menggunakan Windows 11 di kolom komentar, ya?