Inilah 4 Peran Penting & Manfaat loT untuk Bisnis

146
iot internet of things

Teknologi.info – Internet memang sudah hadir menemani kehidupan manusia sejak lama, hanya saja popularitasnya memang jadi semakin tinggi seiring dengan berjalannya waktu. Mengingat sekarang ini hampir semua hal dapat dilakukan secara lebih mudah dengan mengandalkan internet. Bahkan ada istilah Internet of Things yang merujuk bahwa internet adalah segala-galanya. Bukan hal yang baru lagi tentunya mengingat sekarang ini pemanfaatan internet memang merambah ke berbagai sektor.

Belakangan ini justru makin banyak diantara bisnis yang sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan penyedia layanan seluler dan juga loT ini, sebut saja diantaranya adalah Telkomsel. Belakangan karena tidak mau kalah dibandingkan dengan beberapa provider seluler yang lainnya, maka ia mulai mengeluarkan gebrakan baru yaitu dengan mengeluarkan produk berbasis loT ini dan sudah banyak perusahaan yang mulai menjalin kerjasama dengan Telkomsel ini.

Peran Penting Internet of Things Untuk Bisnis

Sebenarnya penerapan dari solusi loT ini sendiri memang sudah sejak lama ada, khususnya di beberapa negara maju, berbagai macam hal sudah diprogram sehingga terhubung dengan internet. Mempermudah proses pengerjaan sampai dengan pemantauannya. Begitu juga dengan solusi IoT di Indonesia yang sekarang satu persatu perusahaan juga sudah mulai melirik sistem berbasis loT tersebut. Apalagi di dunia bisnis dengan mengandalkan loT ini sendiri ada banyak sekali dampak positif yang nantinya akan dirasakan yaitu:

  1. Meningkatkan produktivitas, adanya loT ini nyatanya juga berperan penting meningkatkan produktivitas di dunia bisnis. Apalagi sekarang ini semua kontrol berbasis internet, tanpa harus dilakukan secara langsung maka pihak perusahaan akan lebih mudah mengetahui bagaimana posisi dan produktivitas yang ada.
  2. Menghemat biaya operasional, saat pekerjaan sudah berbasis teknologi, seperti diantaranya adalah dengan ditunjang oleh loT. Maka tidak dapat dipungkiri jika seandainya hal tersebut juga akan berdampak pada penekanan biaya operasional, tidak harus mempekerjakan banyak orang lain. Karena memang satu orang saja sudah dapat menghandle semua pekerjaan dengan dibantu oleh perangkat teknologi yang sudah ada tersebut.
  3. Digunakan untuk memonitoring karyawan dan juga menjaga keamanan, semua yang berbasis loT lebih mudah untuk dilacak. Termasuk diantaranya adalah dalam industri taksi online maka nantinya dapat secara mudah melihat posisi dari karyawan tersebut, termasuk juga diantaranya untuk meningkatkan keamanan mereka.
  4. Lebih mudah digunakan untuk mengontrol kondisi pabrik atau industri yang sedang berjalan tersebut, karena semua sistem sudah terhubung dengan internet satu kesatuan. Sehingga bahkan kontrol dapat dilakukan jarak jauh tanpa harus datang ke tempatnya secara langsung.

Manfaat Adanya Internet of Things Dalam Bisnis

Internet mempunyai banyak kegunaan untuk kehidupan sehari-hari. Dimana kegunaan untuk internet bagi pribadi adalah dapat melancarkan komunikasi, dapat untuk mencari berbagai data yang diperlukan, hiburan, dan juga dapat berbagai hal lainnya untuk membuat pekerjaan sehari-hari lebih mudah dan cepat selesai. Selain untuk kebutuhan pribadi, internet juga bermanfaat untuk membantu bisnis. Hal tersebut dapat dilakukan dengan IoT atau Internet of Things. IoT merupakan salah satu cara yang dapat membantu bisnis dengan mengurangi bantuan manusia dan menghubungkan mesin dengan mesin secara langsung menggunakan jaringan internet. Untuk dapat

menjalankan IoT tentunya akan membutuhkan jaringan internet yang lancar seperti Telkomsel yang mempunyai keunggulan karena mempunyai sinyal yang stabil dimanapun. Bisnis menggunakan IoT adalah cara bisnis di masa depan yang menawarkan beberapa manfaat seperti berikut ini:

  1. Monitoring lingkungan
    Manfaat pertama dari IoT adalah dapat untuk melihat keadaan sekitar dalam waktu yang bersamaan atau secara real time. Dengan menggunakan internet yang jaringannya stabil seperti Telkomsel maka akan lebih mudah untuk memonitoring usaha yang dimiliki. Hal ini dapat digunakan dari banyak sektor seperti misalnya dapat untuk mengawasi keadaan di waduk secara real time, dapat untuk melakukan irigasi yang dibutuhkan oleh petani, dan juga dapat untuk melakukan monitoring secara harian atau bulanan untuk dapat melihat pergerakan grafik usaha yang dimiliki.
  2. Membuat lebih hemat
    IoT juga dapat dimanfaatkan untuk bidang kesehatan. Dimana dengan Internet of Things dapat untuk memenuhi kebutuhan elektronik rumahan sehingga akan dapat untuk memudahkan dan memberikan keuntungan untuk banyak hal. Dengan bantuan internet of things akan membantu untuk mematikan peralatan listrik yang dipunyai sehingga akan dapat membuat tagihan menjadi lebih murah. Selain itu juga dapat untuk menyalakan dan mematikan lampu ataupun AC sesuai dengan kebutuhan. Sehingga dengan menggunakan Internet of Things dapat untuk mengendalikan penghematan listrik dan membuat gedung terintegrasi.
  3. Sensor peralatan
    Manfaat lainnya yang dipunyai dari IoT adalah dapat untuk memberikan manfaat sensor peralatan. Hal ini misalnya dapat digunakan untuk mengukur peralatan sehingga akan dapat lebih hemat bahan bakar yang digunakan. Seperti ketika menggunakan IoT pada perusahaan tambang maka aka membantu untuk mengukur peralatan yang akan kehabisan BBM, ganti oli, dan juga lainnya. IoT akan melakukan monitoring dan memberikan informasi yang dibutuhkan tersebut.
  4. Pengelolaan infrastruktur
    Manfaat terakhir yang didapatkan dari Internet of Things adalah dapat untuk mengelola infrastruktur. Seperti misalnya dapat membantu untuk pengelolaan infrastruktur seperti MRT. Cara kerjanya adalah dapat untuk mendeteksi kondisi jalur kereta sehingga akan membuat jalur tersebut lebih aman untuk dilintasi oleh MRT yang akan beroperasi. IoT juga akan membuat palang pintu terbuka dan tertutup secara otomatis untuk memberikan keamanan terbaik.

Telkomseliot.com sendiri saat ini sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan besar terkait dengan memanfaatkan loT ini dalam bisnis mereka, sebut saja diantaranya adalah Taksi Blue Bird dan juga yang baru-baru ini adalah Pertamina.