Telah Hadir di Indonesia! Fitur Lacak Perjalanan Teman di Google Maps

223
Fitur lacak perjalanan teman via Google Maps.

Teknologi.info – Kini fitur berbagi lokasi atau share location pada Google Maps sudah bisa digunakan di Indonesia. Fitur ini dapat digunakan sebagai alat pembantu untuk membagikan lokasi serta untuk melacak perjalanan teman via aplikasi peta besutan Google tersebut.

Lalu, seperti apa sih sebenarnya fitur tersebut? Anda bisa bayangkan kisah berikut sebagai gambaran: Anggap Anda sedang janjian dengan seorang teman. Lalu, teman Anda menanyakan sebuah pertanyaan yang ‘tabu’, “Kapan kamu sampai di tempat X ini, bro?”.

Kemungkinan besar Anda saat ditanya seperti itu akan menjawab seperti ini, “Emmm…sekitar 20 sampai 30 menit lagi lah”. Atau, bahkan lebih dari itu.

Padahal, faktanya Anda sendiri tak tahu kapan bisa sampai sebab Anda tak tahu hambatan apa yang menghadang selama perjalanan nantinya.

So, dengan fitur inilah Anda bisa membagikan keadaan serta lokasi Anda secara langsung alias real time kepada teman Anda agar tak disebut “omong kosong”.

Mekanisme fitur ini sama halnya dengan Go-Jek, Uber, atau Grab setelah Anda melakukan order.

Cara pakai

  1. Pertama, perbarui dahulu Google Maps Anda sebelum bisa menggunakan fitur ini. Fitur ini sekarang sudah bisa digunakan di Android dan iOS.
  2. Jika pembaruan sudah selesai, buka aplikasi Maps.
  3. Pilih menu burger (tiga baris) yang terdapat di poko kiri atas. Atau bisa juga dengan men-tap lingkaran biru kecil yang menunjukkan lokasi Anda berada sekarang.
  4. Selanjutnya, tap “Berbagi Lokasi” (share location).
  5. Pilih teman yang ingin Anda bagikan lokasi. Pastikan bahwa orang tersebut telah terhubung dengan akun Google Anda sebagai kontak.
  6. Atur seberapa lama waktu berbagi lokasi yang bisa dipilih dalam tenggat menit hingga jam. Saat durasi selesai, makan teman Anda tak bisa lagi memantau lokasi Anda lagi.

Tautan yang diberikan oleh Google Maps akan dibagikan melalui aplikasi chatting favorit semisal, Line atau WhatsApp.

Selamat mencoba!

Advertisements