28.6 C
Banjarmasin
Rabu, April 17, 2024

Ngaji.ai Merilis Aplikasi Inovatif untuk Belajar Mengaji dengan Teknologi AI

Menyambut Ramadan dengan Metode Belajar Terbaru

Teknologi.info – Vokal.ai, perusahaan yang dikenal sebagai pelopor penerapan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam pendidikan Bahasa Indonesia, memperkenalkan inovasi terbarunya: ngaji.ai. Aplikasi ini menjadi terobosan dalam pembelajaran mengaji, menggabungkan kecanggihan teknologi AI dengan tujuan memudahkan masyarakat dalam mendalami kalam Ilahi.

Teknologi AI Mendukung Pembelajaran Mandiri

Ngaji.ai menggunakan teknologi Automatic Speech Recognition (ASR) yang dikembangkan oleh Vokal.ai. Fitur ini memungkinkan aplikasi untuk mendeteksi akurasi pelafalan bacaan Al-Qur’an, memungkinkan proses belajar mengaji dapat dilakukan secara mandiri. Melalui ngaji.ai, masyarakat dapat memanfaatkan waktu di bulan Ramadan untuk memperdalam pemahaman terhadap Al-Qur’an.

Ucapan Pembukaan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

Peluncuran ngaji.ai dibuka dengan sambutan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. Beliau menyambut baik inovasi ini, menyatakan bahwa kehadiran teknologi AI seperti ngaji.ai tidak hanya memberikan dampak positif pada sektor kreatif, tetapi juga membuat proses belajar mengaji dan ibadah Ramadan menjadi lebih menyenangkan.

Fleksibilitas dan Kemudahan Belajar

Prof. Dr. Sutarto Hadi, Co-founder ngaji.ai, menjelaskan latar belakang aplikasi ini. Dengan mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, belajar mengaji dianggap penting. Ngaji.ai hadir untuk memberikan alternatif pembelajaran yang lebih fleksibel dan tanpa batas. Aplikasi ini dapat diakses di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, memastikan bahwa tidak ada alasan lagi untuk tidak belajar mengaji.

Fitur Unggulan ngaji.ai

Aplikasi ini tidak hanya memberikan umpan balik terhadap pelafalan, tetapi juga menerapkan scoring system. Pengguna akan mendapatkan nilai setelah menyelesaikan materi dan latihan. Terdapat tiga tahapan pemula, menengah, dan mahir, dengan papan peringkat sebagai fitur gamifikasi untuk meningkatkan motivasi pengguna.

Teknologi untuk Maksimalkan Ibadah Ramadan

Ngaji.ai tidak hanya fokus pada pembelajaran, tetapi juga menyediakan fitur tambahan. Pengguna dapat mengetahui jadwal salat berdasarkan lokasi, notifikasi waktu salat dan berbuka, serta arah kiblat dengan koordinat yang tepat. Fitur ASR pada menu tadarus dapat mendeteksi kelancaran pengguna mengaji, sedangkan fitur exam memastikan pemahaman materi.

Potensi AI dalam Pendidikan

Martijn Enter, Founder Vokal.ai, menekankan bahwa masa depan AI di dunia pendidikan Indonesia memiliki potensi besar. Dengan kemampuannya menyesuaikan pengalaman belajar, ngaji.ai memastikan kemajuan pemahaman dan meningkatkan motivasi belajar.

Tersedia untuk Pengguna Android dan IOS

Aplikasi ngaji.ai dapat diunduh melalui Play Store dan App Store, mendukung pengguna Android dan IOS. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan, ngaji.ai menjadi alternatif platform untuk memaksimalkan ibadah sepanjang bulan suci Ramadan.

Jimmy Ahyari
Jimmy Ahyari
Seorang Apoteker yang menyukai dunia internet dan teknologi.
Artikel Lainnya
Sudah Baca Ini?