ESET Tawarkan Solusi Teknologi Cloud dan Virtualisasi

Share:

Teknologi.info – Istilah teknologi cloud dipahami sebagai gabungan pemanfaatan teknologi komputer dan pengembangan berbasis internet. Cloud berarti awan ialah metafora dari internet itu sendiri, yang memungkinkan pengguna memakai aplikasi tanpa instalasi dan dapat mengakses file di komputer manapun dengan akses internet.

Teknologi cloud sendiri memungkinkan untuk penggunaan komputasi yang jauh lebih efiesen dengan memusatkan penyimpanan data dan pengelolaan bandwith. Secara infrastruktur, teknologi cloud didukung oleh teknologi lain, yaitu Virtualisasi.

Virtualisasi adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penciptaan wujud dalam versi virtual seperti sistem operasi, server, processor, memory, perangkat penyimpanan atau sumber daya jaringan. Virtualisasi inilah fondasi dasar atau komponen pembangun utama dari sistem cloud (komputasi awan).

Penggunaan virtualisasi dan cloud di Indonesia sudah mendapat perhatian luas dari dunia usaha. Bahkan banyak perusahaan besar telah mengimplementasi virtualisasi dalam infrastruktur IT perusahaan. Seperti mesin fisik, mesin virtual akan menghadapi masalah dari serangan cyber, sementara sistem virtualisasi tidak memiliki fungsi perlindungan mandiri dan harus melibatkan software keamanan tersendiri.

Hadir solusi yang memberikan proteksi komprehensif terhadap server virtual, data-data sensitive tanpa memerlukan instalasi di tiap server virtual (agentless) yaitu ESET Virtualization Security. Agentless identik dengan optimalisasi sumber daya (resources), dimana tidak memerlukan agent yang diinstal pada setiap sistem.

Teknologi virtualisasi tersebut dimanfaatkan oleh ESET untuk mendukung VMware dengan memberikan keunggulan utama pada konsumsi sumber daya yang minim, mengingat fungsi antivirus dasar dipusatkan di satu bagian untuk melindungi semua sistem virtual.

ESET Virtualization Security didukung ESET Remote Administrator sebagai virtual appliance yang memudahkan penyebaran ESET Virtualization Security pada beberapa guest sekaligus. ERA berfungsi sebagai sistem manajemen terpusat dan remote management berjalan untuk mengontrol virtual machine dan mengambil berbagai tindakan yang diperlukan melalui web console.

Usaha Kecil dan Menengah yang memiliki sumber daya dan infrastruktur IT terbatas juga harus beradaptasi dengan cepat. Virtualisasi menjadi salah satu solusi untuk mengurangi biaya modal, biaya operasional dan sekaligus meningkatkan skalabilitas.

ESET Indonesia menyediakan manajemen ERA yang dikelola oleh tim ESET Indonesia, perusahaan skala UKM hanya perlu menginstal produk ESET Endpoint Solutions pada komputer client dan produk Server Solutions pada komputer server.

“ESET Virtualization Security dirancang dengan kemampuan untuk mengatasi masalah keamanan yang berkaitan dengan sistem virtualisasi dengan konsep agentless pada setiap mesin virtual. Didukung dengan kemudahan implementasi manajemen Antimalware berbasis file OVA atau pilihan instalasi menggunakan Linux OS untuk menekan biaya,” ungkap Yudhi Kukuh sebagai Technical Consultan Prosperita – ESET Indonesia.

Yudhi menambahkan, “Untuk mendorong produktivitas perusahaan dan kesinambungan bisnis, perusahaan kecil dan menengah bisa memanfaatkan manajemen Antimalware secara cloud tanpa dikenakan biaya (gratis).”

ESET Tawarkan Solusi Teknologi Cloud dan Virtualisasi | Mohammad Iqbal Al Ghifari | 4.5

Kirim Komentar